Stuktur Organisasi

Senin, 23 Mei 2011

Rekruitmen anggota muda KSKM


Awal yang baru bagi kami kepengurusan ini, sungguh ‘amazing’ itu kesan di tiap-tiap pengurus. Diana Angela Manajemen 2009 dialah ketua panitia, ketua yang mengatur jalannya acara ini. Dan ibu Nova sebagai ketua umum kami dalam organisasi ini. Tenang, santai, namun tetap teliti mungkin itu kesan pertama yang tampak dari ketua umum kita.
Rekruitmen anggota baru adalah agenda yang pertama dari organisasi ini. Ormawa yang berikrar menumbuhkan jiwa wirausaha dalam anggota mudanya, mungkin kalian sering mendengar atau memahami makna kewirausahaan, nah dalam Universitas Jember khususnya Fakultas Ekonomi makna tersebut terdapat dalam unit kegiatan mahasiswa KSKM (Kelompok Studi Kewirausahaan Muda).
‘Jam 7 pagi dateng ONTIME rek’ sepatah kata dari Diana Angela..
Itu acara hari pertama dari rekruitmen anggota baru kskm, acara yang baru saja dilaksanakan 21 Mei 2011 Multimedia FE UJ. Jumlah peserta yang memasuki gedung multimedia kurang lebih 80 mahasiswa dari jumlah peserta yang daftar 100 mahasiswa.
Acara diisi dengan sambutan dari mbak Diana Angela, Bu Nova, serta Pembina Kskm Bpk Agus Priyono. Acara tersebut intinya seperti materi tentang teori kewirausahaan. Materi pertama disajikan oleh Bu Dewi Prihatini, kalian tau Beliau?? Beliau dosen manajemen FE UJ yang mengajar mata kuliah kewirausahaan. Materi disajikan selama 45 menit. Materi yang kedua disajikan oleh Pembina Kskm Bpk Agus Priyono..isinya tentang praktik atau contoh usaha maju yang ada disekitar kita. Acara ini kemudian ditutup sekitar pukul 11.30 oleh pembacaan doa dari Nanang S Kabid 3 (Litbang).
Sampai lupa siapa MC dari acara ini, sebut saja mereka Yunita dan Dinni.
Sebelum pembubaran acara yang pertama, Izhak Moy sebagai (CO.Acara) memberikan TM kepada seluruh peserta untuk kesiapan acara yang kedua. Acara tantangan dari kami, acara yang ga bisa dilupain, acara yang asixxx abiz. ‘Aplikasi Kewirausahaan’ itu dia !!!

22 Mei 2011 pukul 5.00 depan Bank Yatim FE, kesepakatan dari panitia untuk acara kedua, quorum dilaksanakan disana, ONTIME lagi-lagi buat semua panitia dan pengurus. Konsep dari Izhak Moy, kita (KSKM) memberikan modal 25 ribu bagi tiap kelompok, yang telah dibentuk dari semua peserta sebelumnya dan ditantang untuk melakukan aplikasi wirausaha di alun-alun jember. Uang tersebut bebas mereka buat produk apapun, namun tidak lupa nota dalam tiap pembelian harus disertakan nantinya. Pukul 6.15 alun-alun menjadi saksi mereka memotong urat-malu untuk melakukan penjualan produk mereka. Karena 25 ribu modal dari KSKM harus dikembalikan pada saat akhir acara, mau tidak mau, suka tidak suka mereka harus bersikeras berjualan disana.
10 kelompok tersebar dengan berbeda produk yang ditawarkan. Pada saat yang bersamaan ada ‘Ridho Rhoma’ di alun-alun jember!!! rame banget, FULL,, ini merupakan kesempatan baik bagi semua kelompok untuk mengeluarkan teknik pemasarannya, teknik merayu penjualan..
Pukul 8.05 semua kelompok wajib balik ke tempat yang sudah ditentukan panitia,, wajah capek, semangat, senang, tanpa ekspresi pun tampak di raut mereka. Tiap kelompok harus membuat laporan keuangan bedasarkan penjaualan dan disertai dengan nota pembelian, bedasarkan itu panitia melakukan penilaian.
Dan siapa pemenangnya???
Dan pemenangnya adalah semua Kelompok, Semua peserta yang hadir...
Kalian sah menjadi anggota muda penuh KSKM 2010-2011
Makasih buat semua patrisipasinya, makasih buat kerja kerasnya rek,
Kembangkan ide kalian disini di “KSKM”

3 komentar:

  1. untuk semua peserta sepertinya salah menggunakan metode dalam merayu konsumen

    BalasHapus
  2. kelompok soto... love U ALL...
    ^^

    BalasHapus
  3. smuanya hebat....!!!
    sukses adalah hak bagi siapa saja yang mau berusaha dan melakukannya...

    BalasHapus