Stuktur Organisasi

Selasa, 08 Mei 2012

SLUURP-INDONESIA.COM: PORTAL BISNIS BERBASIS E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMPERLUAS JARINGAN PEMASARAN UKM NASIONAL

UKM merupakan salah satu sektor ekonomi yang fundamental di Indonesia karena memberikan kontribusi besar bagi perekonomian bangsa. Hingga tahun 2011, jumlah UKM mencapai sekitar 52 juta dan mampu menyumbang 60% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB ) dan menyerap 97% tenaga kerja nasional. Sebenarnya, angka kontribusi UKM terhadap PDB masih bisa dioptimalkan guna meningkatkan perekonomian bangsa.Salah satu faktor belum tercapainya angka optimal tersebut, disebabkan karena pelaku UKM masih mengandalkan pola pemasaran tradisional. Dewasa ini, strategi tersebut sudah mulai kurang diminati karena perilaku masyarakat yang menuntut semua serba cepat. Selain itu, strategi ini juga kurang dapat bersaing dalam menghadapi persaingan pasar bebas.

Mari Elka Pengestu, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus panelis dalam sesi The Economic Outlook: Bringing People Back to Work menyebutkan bahwa media internet patut dikembangkan di sektor UKM sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk. Namun, media internet seperti apa yang mampu membantu UKM dalam memperluas jaringan pemasaran secara efektif dan efisien.

Menjawab permasalahan UKM untuk memperluas jaringan pemasaran maka tim penulis mengusulkan sluurp-indonesia.com, yaitu sebuah portal bisnis berbasis e-commerce yang dapat digunakan oleh pelaku UKM sebagai media untuk memperluas jaringan pemasaran dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.Model bisnis ini sudah dilengkapi berbagai teknologi yang mendukung pelaku UKM untuk memperluas jaringan pemasaran seperti facebook, twitter, Gmaps, dll.Untuk mendapatkan segala fasilitas tersebut UKM tidak pelu membayar mahal dan tidak perlu melakukan pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan sendiri. Pemanfaatan sluurp-indonesia.com diharapkan dapat membantu UKM untuk memperluas jaringan pemasaran.

Produk yang telah berhasil di publish di sluurp-indonesia.com akan secara otomatis tersambung dengan beberapa Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti:
  • Google Maps, teknologi ini dapat mendeteksi dimana lokasi usaha UKM tersebut berada. Salah satu faktor kurang berkembangnya e-commerce di Indonesia adalah tingkat ketidak percayaan konsumen yang cukup tinggi atas eksistensi usaha yang dipasarkan melalui media internet. Dengan adanya teknologi ini diharapkan dapat membantu membangun kepercayaan atau kredibilitas pelaku UKM terhadap calon konsumen
Gambar 1 fasilitas GMaps di sluurp-indonesia.com
  • QR Code, teknologi ini memudahkan calon konsumen untuk melihat semua konten suatu produk UKM seperti nama produk, harga, foto, deskripsi produk melalui mobile device. QR Code ini bisa di copy oleh pelaku UKM ke media pemasaran lainnya baik online ataupun offline.
Gambar 2 fasilitas  QR Code di sluurp-indonesia.com
  • Social Bookmarks, teknologi ini sangat membantu pelaku UKM dalam memasarkan produknya di area jejaring sosial karena pelaku UKM dapat menerapkan strategi word of mouth di area jejaring sosial, seperti facebook. Setiap satu pengunjung menyukai produk ini (like), mereka akan menyebarkan produk tersebut kepada ribuan temannya yang ada di jejaring sosial.
Gambar 3 fasilitas social bookmarks dan pemanfaatannya

  • Youtube Embedded Player, dengan teknologi ini dapat membantu pelaku UKM dalam rangka mempersuasif calon pembeli.
Gambar 4 fasilitas Youtube Embedded Player di sluurp-indonesia.com
  • Contact Publisher, dengan teknologi ini pelanggan dapat mengirimkan pertanyaan atau melakukan pemesanan produk kepada pelaku UKM. Secara otomatis, pelaku UKM akan mendapatkan notifikasi di email mereka jika ada pelanggan yang mengirimkan pertanyaan atau melakukan pemesanan melalui media ini.
Gambar 5 fasilitas contact publisher di sluurp-indonesia.com
  • Selain teknologi-teknologi diatas, masih ada beberapa teknologi lain yang tersedia di sluurp-indonesia.com guna membantu pelaku UKM dalam rangka memperluas jaringan pasar. Teknologi tersebut antara lain:
  1. Tampilan yang interaktif, sluurp-indonesia memiliki dua tampilan sesuai dengan device yang mengakses untuk memudahkan pelaku UKM dan calon pembeli dalam melakukan aktifitas jual-beli, yaitu tampilan destop (untuk PC / laptop) dan tampilan mobile (untuk PC tablet / smartphone / handphone)
  2. Bi-lingual, sluurp-indonesia.com memiliki dua bahasa pilihan untuk memudahkan pelaku UKM dan calon pembeli dalam melakukan aktifitas jual-beli, yaitu English dan Bahasa Indonesia.
  3. Pencarian berdasarkan kategori produk / nama produk / harga produk / lokasi UKM, teknologi ini dapat memudahkan calon pembeli untuk menemukan produk UKM yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  4. Votes, hampir sama seperti social bookmarks, dengan teknologi ini pelaku UKM ataupun calon pembeli dapat memantau tingkat ketertarikan pengunjung lainnya.
  5. Comments, dengan teknologi ini memungkinkan pelaku UKM melakukan kegiatan interaktif tanya jawab dengan calon pembeli.
  6. Share, dengan teknologi ini memungkinkan pengunjung untuk menyebarkan produk UKM tertentu kepada temannya melalui email

Tidak ada komentar:

Posting Komentar